Grow with Character
Bagaimana caranya agar sebuah
perusahaan atau organisasi dapat tumbuh terus menerus ? Atau bahasa kerennya,
bagaimana caranya agar perusahaan mampu melakukan sustainable growth ?
Jawabnya adalah perusahaan tersebut
harus tumbuh dengan karakater yang kuat alias Grow with Character.
Karakter merupakan "ciri khas" individu, organisasi atau perusahaan.
Ia merupakan,'mesin' yang mendorong bagaimana seseorang atau sebuah perusahaan
bertindak, bersikap, berusaha atau merespon sesuatu.
Karakter memungkinkan perusahaan
dapat mencapai pertumbuhan yang berkesinbungan. Hal ini karena karakter
memberikan kosistensi, integritas, dan energi dalam mencapai pertumbuhan dan
perkembangannya.
Karakter apa saja yang dibutuhkan
perusahaan untuk tumbuh dan berkembang ?
Menurut Hermawan Kertajaya,
penulis buku ini, ada 3 karakter yang dibutuhkan untuk tumbuh di era
hiper-kompetitif ini. Karakter yang dimaksud meliputi : excellence,
professionalisme, dan ethics.
Excellence adalah sikap yang
memungkinkan seseorang atau perusahaan selalu memberikan yang terbaik dalam
setiap karya atau produknya. Ini sesuai dengan harapan masyarakat secara umum.
Bukankah konsumen selalu mencari produk yang nomor satu?
Professionalism adalah karakter
yang mendorong seseorang atau perusahaan untuk selalu menghasilkan
inovasi-inovasi sehingga mampu dihasilkan karya atau produk-produk baru yang
lebih baik. Bukankah keinginan dan kebutuhan masyarakat terus berkembang yang
berarti selalu membutuhkan produk-produk inovatif?
Ethics merupakan prinsip-prinsip
yang mengarahkan dalam pengambilan keputusan. Dengan ethics ini, seseorang atau
perusahaan memiliki pedoman sehingga mampu membedakan mana yang benar dan mana
yang salah.
Lalu
apa hubungannya dengan konsumen bagi perusahaan?
Hal paling penting bagi
mati-hidupnya perusahaan adalah costumer loyalty atau kesetiaan pelanggan.
Tanpa customer loyalty perusahaan mana pun tidak akan mampu bertahan. Customer
loyalty akan muncul apabila tercipta rasa percaya yang mendalam terhadap sebuah
brand. Perasaan semacam ini tidak akan bisa muncul hanya dari sekali atau dua
kali mencoba sebuah brand. Seringkali loyalty baru bisa muncul kalau customer
sudah benar-benar mengerti latar belakang brand tersebut, seperti filosofi
perusahaan, sikap karyawannya baik yang di depan layar maupun yang melakukan
pekerjaan administrasi di belakang, bahkan sampai kebajikan pemegang
saham.Dalam tatanan budaya masyarakat yang lebih tinggi, pelanggan tidak akan
membeli brand yang produknya berkualitas apabila para pemilik atau praktek
bisnisnya tidak etis ( seperti penggelapan pajak, pembayaran upah di bawah UMR,
pencemaran lingkungan, dsb ).
Melihat perubahan-perubahan yang
terjadi di tengah masyarakat, seperti meningkatnya kesadaran akan penghargaan terhadap
humanisme; semakin cerdasnya konsumen; semakin banyaknya pilihan bagi konsumen;
semakin murahnya biaya internet; dsb memaksa perusahaan-perusahaan harus
mengembangkan karakter yang jelas. Dan, karakter yang dikembangkan harus punya
nilai bagi konsumen. Karakter-karakter yang ditawarkan dalam buku Grow
with Character ini patut djadikan sebagai pegangan untuk mencapai sustainable
growth .
Resume Buku "GROW WITH CHARACTER" Hermawan Kartajaya
By: Mohamad Iqbal
SBS English Creative Malang
Kursus Bahasa Inggris Efektif, Cepat di Malang
Jl.Ijen No 79 Malang
Telp/WA 085649755952
Twitter : @KampungEnglishM
www.sbsmalang.com
Kursus Bahasa Inggris Efektif, Cepat di Malang
Jl.Ijen No 79 Malang
Telp/WA 085649755952
Twitter : @KampungEnglishM
www.sbsmalang.com


0 comments:
Posting Komentar