Belajar Memanajemen Waktu agar lebih Produktif




Jika kita ingin waktu kita lebih produktif, kita harus mencoba untuk memanajemen waktu kita sebaik mungkin. Dengan memanajemen waktu, tentu kita akan lebih mudah untuk mencapai goal kita. Berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk memanajemen waktu agar lebih produktif:

1. Tentukan GOAL
Pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui apa sih GOAL yang mau dan harus kita capai. Pastikan kita berada di rel yang tepat, di jalan yang tepat, dan aktivitas yang tepat.  Contoh sederhananya, Anda ingin bisa bahasa Inggris dalam waktu yang singkat,6 Minggu misalnya, aktivitas yang tepat untuk Anda fokuskan adalah belajar bahasa Inggris.

Setelah tahu GOAL dan Aktivitas apa yang harus di prioritaskan, lalu buat 10 hal yang akan di kerjaka dalam satu hari, lalu persempit menjadi 5 hal yang harus di selesaikan terlebih dahulu dan seterusnya hingga terbentuk skala prioritas yang harus di selesaikan pada hari itu.

Kenapa harus mengetahui GOAL terlebih dahulu? Jawabannya adalah agar kita sibuk pada rel yang tepat, dan tidak salah jalan.

2. Manage Waktu Aktifitas.
Memanage waktu kapan harus di kerjakan itu sangat penting. Shalatpun ada waktu khusus untuk pengerjaannya dan tak bisa asal sembarang waktu. Maka alangkah baiknya jika Anda menetapkan kapan harus mengerjakan ini, dan kapan harus mengerjakan itu. Bagilah dan alokasikanlah waktu Anda dengan sebaik mungkin. Contohnya: Anda harus bisa bahasa Inggris dalam 6 Minggu dan Anda mengikuti Program 6 Minggu Bisa Bahasa Inggris. Ketika Anda sudah ikut program 6 Minggu Bisa Bahasa Inggris, Anda sudah berada rel yang tepat, aktivitas yang tepat, dan Anda hanya perlu mengalokasikan waktu khusus untuk belajar. Apapun GOAL Anda, pastikan Anda mengalokasikan waktu khusus untuk mencapai GOAL Anda, Bahasa kerennya Quality Time bersama GOAL :D

3. Tuntas dan Fleksibel
Mengerjakan A jam sekian sampai jam sekian. Selesai
Mengerjakan B jam sekian sampai jam sekian. Selesai
Begitu seterusnya.

Jika belum selesai, maka anda dapat mengatur ulang atau melanjutkan sampai selesai. Tergantung kesulitan aktifitas atau hal lainnya yang membuatnya belum selesai.

Yang pasti Anda harus merencanakan dengan sebaik mungkin rencana-rencana Anda, mengerjakan dengan sebaikmungkin dan tuntaskan, serta pastikan Anda di rel yang tepat menuju GOAL Anda.

Siap?

JIka ada yang ingin di diskusikan, silahkan berkomentar di kolom komentar
Mari sama-sama kita belajar memanage waktu agar lebih produktif.

----------------------
Share ya jika bermanfaat !

0 comments: